Motor vespa sukar hidup (susah nyala)
masalah motor vespa dari dulu sampai sekarang yakni sukar hidup. ketika kita sedang kesana kesini sama motor tercinta eh tau taunya mati di tengah jalan . bagi yang suka mengotak atik motor pasti tau masalah yang terjadi pada motor vespa. tapi kalau yang belum pernah otak atik motor nah ini yang
jadi dilema... sebab kalau ketiga motor tercinta anda
tiba tiba mogok dan diditu dekat dengan bengkel yang tinggal di service, namun kalau jauh dari bengkel??? wah itu yang bisa buat kepala pecah ..hha
nah tanpa berpanjang lama saya akan kasih solusi untuk anda:
1. cuk jangan anggap remeh dengan yang satu ini sebab apabila anda membiarkan cup dalam posisi terbuka maka akan mengakibatkan bensin yang berada di karburator akan mengalami masalah banjir. cara pernyelesaiannya yakni segera tutup cuk motor anda dan coba selah apabila tidak bisa coba anda buka busi lalu selah dalam keadaan busi terbuka dan lubang busi ditutup dengan kain .jadi dilema... sebab kalau ketiga motor tercinta anda
tiba tiba mogok dan diditu dekat dengan bengkel yang tinggal di service, namun kalau jauh dari bengkel??? wah itu yang bisa buat kepala pecah ..hha
nah tanpa berpanjang lama saya akan kasih solusi untuk anda:
2. BUSI
nah kalau ini sih wajar wajar saja sebab terkadang kita suka lupa mengecek kondisi busi.
cara mengeceknya anda harus membuka busi lalu hubungkan busi dengan kabel koil lau tempel dengan masa body motor selah perlahan dan lihat ada percikan bunga api atau tidak "ingat busi harus keadan terbuka saat mengeceknya".
biasanya penybabnya tidak lain tidak bukan karna celah busi kotor. maka yang anda harus anda lakukan adalah membersihkan dengan bensin atau cukup amplas bagian busi yang kotor. namun ada juga ketika busi masih dalam keadaan bersih namun tetap tidak keluar mungkin keadaan celah busi terlau rapat stel dengan puller dengan ukuran 0.60-0.70 mm.
3. carburator
coba cek bagian saringan udara saringat bensin dan spuyer tersumbat atau tidak kalau iya maka bersihkan dengan bensin dan semprot dengan cairan khusus karburator. tapi kalau masih coba cek setelan angin takutnya tidak sesuai. cara menyetel angin dengan putar setelan angin kurang lebih 1,5 putaran obeng (540 derajat).
4. ALIRAN BENSIN
biasanya terjadi karena lubang udara yang ada di tutup tangki tersumbat atau saringan dan kran bensin tersumbat.
5.PENGAPIAN
biasanya terjadi karena posisi TOP pada spull tidak tepat,spull lemah,coil lemah,dan penyetelan platina tidak benar, atau platina sudah lemah
Nah itu penyebab penyeabb motor vespa sukar hidup. dan segitu dulu saya beberkan untuk masalah pengapian baca cara menyetel platina vespa untuk cara TOP SPULL saya akan posting lain waktu.
sekian postingan kali ini semoga bermanfaat... :)