Header Ads

Cara menyetel platina vespa


Apakah motor vespa kesayangan anda pernah mogok? Jawabannya yakni pasti dan sering sebab motor klasik itu butuh perhatian lebih karna mereka istimewa. Kenapa saya sebut istimewa ? Karna dilihat dari masa bakti motor yang sudah sangat berpengalaman dijalan. Sekali lagi motornya yang b
erpengalaman kalau pengendaranya itu tergantung... hhe

Nah motor vespa dari dulu sampai sekarang walau disebut sebagai motor tua tapi para peminat motor ini masih saja ada bahkan dibilang masih sangat banyak.
Ya sesuai dengan yang saya bicarakan tadi semakin lama motor itu dibuat maka semakin rapuh juga masalah yang akan timbul tidak jarang bahkan seringkali ketika kita lagi pergi dengan motor tiba tiba mogok di tengah jalan. Nah penyebab motor mogok entah itu dari karburator, busi,coil yang lemah, tidak TOPnya spull. Bagi yang belum tau penyebab motor tiba tiba mogok silahkan baca Penyebab Motor vespa sukar hidup (susah Nyala).

Namun ketika anda sudah mengecek trouble yang diatas tapi tetap tidak mau nyala maka kita alihkan pandangan kita ke PLATINA. Ya kenapa? Sebab platina adalah otaknya sistem pengapian. Kalau di motor jaman sekarang yang sebagai otak pengapian yakni CDI UNIT.Nah jangan disalah artikan kalau CDI dan PLATINA itu sama. Sebab walau tujuannya sama namun cara kerjanya yang beda.
Baca juga perbedaan platina dengan cdi.

Ketika ketahuan kalau ternyata platina yang lemah maka anda harus ganti yang baru. Namun apabila platina masih bagus berarti ada kemungkinan penyebanya yakni penyetelan platina yang tidak benar.
Nah sesuai dengan postingan saya sebelumnya maka saya akan share cara menyetel platina ala saya.


Pertama buka kap mesin vespa anda dan buka karet penutupyang ada dibaling-baling motor(magnet).
Atau anda bisa lihat gambar di bawah ini.
abila sudah langkah kedua  ukur dulu celah platinanya apakah terlalu rapat atau longgar dengan menggunakan feeler gauge atau kalau tidak punya bisa menggunakan aluminium atau seng dengan ketebalan mulai dari 0.30-0.50mm dan harus tetap menempel pada celah platina.

Kemudian kalau sudah diketahui maka anda harus melonggarkan baut penempel platina jangan sampai lepas dan geser kesamping. apabila celah platina rapat geser ke kanan namun kalau longgar geser kekiri. Dan apabila sudah coba cek apakah sudah pas atau tidak dengan cara menarik pelan pelan feeler untuk mengetahuinya sama dengan mennyetel klep motor. Apabila ditarik bisa namun ketika di dorong tidak bisa. Apabila  sudah dirasa cukup ,kencangkan baut platinanya lalu cek kembali takutnya ketika proses pengencangan platina agak ke geser lagi.
Apabila sudah coba anda hidupkan motor vespa anda
Udah nyala deh....


Nah sekian dulu postingan kali ini. Kalau ada salah penulisan atau kurang dimengerti silahkan comentar atau contact saya melalui email dengan cukup mengklik contact.
Terimakasih......


Baca juga cara meTOPkan spull

Diberdayakan oleh Blogger.